Wednesday, 26 October 2016

Aturan-Aturan di Media Sosial

 
Baru-baru ini ada seseorang yang tiba-tiba ngechat dan marah-marah karena instagramnya aku unfollow dan linenya aku block. Aku jadi bingung karena bukannya itu media sosialku jadi aku bisa follow dan unfollow orang sesukaku? Sebenarnya aku bisa aja marah balik, tapi aku milih buat minta maaf karena berpikir yang waras dewasa ngalah. Dia beberapa kali bilang kalo aku kaya bocah karena unfollow dan block media sosial dia, aku iya iya aja karena dia di mataku (dan mungkin di mata banyak orang kalo tau ceritanya) dia lah yang seperti anak kecil yang hanya karena diunfollow dan diblock media sosialnya olehku dianggap sebagai sebuah masalah.


Aku jadi berpikir, adakah aturan-aturan di media sosial? Terlepas dari aturan-aturan yang udah terikat hukum pastinya. Adakah aturan kita nggak boleh ngeunfollow seseorang atau kalo mau unfollow harus minta izin dulu? Adakah aturan kita harus ngefollow back semua orang yang follow media sosial kita? Adakah aturan kita harus ngelike balik post seseorang yang udah ngelike post kita? Kayaknya nggak ada deh, tapi mungkin bagi beberapa orang memang ada aturan seperti itu di dalam kepalanya, jadi ketika orang lain nggak ngelakuin aturan itu (yang sebenrnya cuma dia yang tau) orang itu akan marah. Semua orang memang punya aturan media sosialnya sendiri, aturanku misalnya, nggak bakal ngelike post banyak-banyak yang bakal nyampah di timeline orang, bakal ngeunfollow atau block orang yang menurutku annoying atau nggak aku sukai feednya, dan lain-lain.

Sebenernya aku memang suka ngeunfollow dan ngeblock media sosial yang udah aku anggap annoying, karena terlalu banyak ngelike post sehingga nyampah di timelineku misalnya, walaupun itu teman sendiri, nggak peduli seberapa dekat, karena kalopun kita unfollow di media sosial bukannya kita masih bisa berinteraksi di dunia nyata? Sekarang batasan dunia maya dengan dunia nyata ternyata udah semakin kabur, buktinya banyak orang yang nggak saling bicara lagi setelah saling unfollow di media sosial. Aku berharap aku bersama orang-orang yang tepat yang nggak bakal berpikir seperti itu.

Intinya menurutku jangan lah dianggap masalah kalo ada seseorang yang ngeunfollow media sosialmu apalagi sampai marah-marah, mbok ya jangan segitunya, jadi kan keliatan banget pingin difollownya, lol.

Jadi, apa kamu juga pernah ngalamin hal kaya gini?

No comments:

Post a Comment