Tuesday, 8 November 2016

20's Crisis (Quarter-Life Crisis)


Do you ever feel clueless about what you're going to do with your life in your early 20? Banyak yang bilang usia 20an adalah salah satu fase penting dalam kehidupan kita karena fase ini akan menentukan kehidupan kita kedepannya, di usia 20an sadar atau nggak sadar kita bakal lebih banyak mikirin dan ngerenungin hidup kita, mau jadi apa nantinya, mau berbuat apa kedepannya, dan kita akan ngadepin apa yang kata orang merupakan "kehidupan yang sesungguhnya" karna di usia 20an merupakan masa transisi kita dari remaja menuju dewasa.


Pastinya dalam proses ini kita pingin ngebuktiin bahwa diri kita udah mandiri dan bisa bertanggung jawab pada diri sendiri, kita bukan lagi remaja, tapi mungkin buat beberapa orang dalam hatinya masih ragu dan takut jadi dewasa. Kalau kamu ngalamin juga, itu adalah hal yang wajar, semua orang pernah dan bakal ngalamin (yang beda cuma kadar kesadaran dan tindakan yang dia lakuin), itulah yang dinamakan krisis 20an atau quarter-life crisis.

How you deal with it? Setelah aku sadar kalo aku juga lagi ngalamin quarter-life crisis, aku cari tau tentang hal itu dan aku ngambil kesimpulan yang merupakan enam hal yang harus dilakuin di usia 20an, yaitu:

1. Set Your Goals
Goals yang dimaksud ini bukan semacam #relationshipgoals kaya di instagram-instagram gitu ya, lol, tapi goals yang dimaksud adalah titik-titik yang mau dan harus dicapai dalam kehidupan kedepannya. Goals ini dibagi tiga, yang pertama short term goals (apa yang harus dicapai dalam setahun atau dalam waktu dekat), kedua mid term goals (yang harus dicapai dalam dua sampai lima tahun), yang ketiga long term goals (tujuan utama atau apa yang benar-benar ingin dicapai dalam kehidupan). Nah, short term dan mid term goals harus selalu diupgrade tiap berhasil mencapainya dan harus diarahkan buat ngebantu tercapainya long term goals.

2. Improve Your Self Personality
"Don't judge a book by its cover" they said, but sadly, people do judge a book by its cover. Karena itu kita harus perhatiin penampilan kita, ngga usah yang muluk-muluk, yang simpel aja kaya berpakaian yang rapi, ngerawat kebersihan tubuh, pokonya jangan cuek sama penampilan, inget kalo first impression is important.
How you present yourself is how they will think about you, but it's what on the inside that really count. Selain merhatiin penampilan luar, kita juga harus improve our personality, terlihat cantik dan ganteng kalo kepribadiannya jelek ya sama aja boong. Terus kita juga harus punya edukasi yang baik, baca buku sebanyak-banyaknya dari berbagai referensi biar wawasan meluas, sekolah setinggi-tingginya, kursus ini, kursus itu, capeknya bakal kebayar kok pada akhirnya.

3. Mengatur Keuangan
Usia 20an udah terlalu dewasa buat "disuapin" dana sama orang tua. Pelan-pelan cari kegiatan yang bisa ngehasilin, nggak usah yang langsung besar kayak buat bayar kuliah atau apa, mulai dari yang kecil-kecil kaya beli baju, bensin, dan lain-lain dari uang sendiri. Kalo belum punya kesempatan punya kegiatan yang ngehasilin, berarti harus mulai ngehemat uang dari orang tua. Harus bisa misahin mana budget buat hidup, budget social life, budget hobby, budget to improve your self quality, budget travelling, dan lain-lain. Kalo bisa catet pengeluaran dan pemasukan tiap bulan, terus bikin rekening baru yang nggak bakal diotak-atik tapi bakal rutin diisi minimal tiap bulan.

4. Mengatur Pola Hidup
Olah raga, tidur teratur, banyak minum air putih, makan makanan yang sehat dan ngehindarin makanan yang kurang baik emang udah harus mulai rutin dilakuin di usia 20an sih soalnya kalo males-malesan ngelakuin itu dampaknya emang nggak bakal kerasa sekarang tapi kedepannya bakal nyesel kalo dari muda nggak ngajaga pola hidup yang baik.

5. Pilih Orang-Orang Terdekat
Percaya nggak percaya di usia 20an temen-temen deket mulai sedikit, nggak sebanyak waktu sekolah, tapi temen-temen ini cenderung seumur hidup. Perluas pertemanan dan perluas koneksi, tapi pilih dengan baik dan sangat hati-hati sahabat-sahabat dan orang-orang terdekat. Kalian pasti tau kan diri kita ini sangat dipengaruhi orang-orang terdekat? So, cut negative people from your life, it's time to improve your self to be a better person.

6. Bersyukur
Nah, dari poin-poin di atas menurutku poin inilah yang terpenting. Mendekatkan diri kepada Tuhan dan bersyukur. Terlalu sibuk galauin masa depan jangan sampai lupa berdoa dan bersyukur, jangan lupa juga buat nikmatin masa-masa sekarang, nanti bakal ada masanya di mana kita ngeliat lagi ke belakang, ke masa ini, ke masa lagi galau-galauin masa depan, dan kita bakal senyum terus berterima kasih pada diri kita sendiri karena udah ngelewatin masa ini sambil terus berdoa dan bersyukur, yeay.

Jadi, itu semua adalah enam hal yang bakal aku lakuin di krisis 20an, dan mungkin harus kalian coba juga kalo lagi ngalamin hal yang sama. Semoga membantu!

 

No comments:

Post a Comment