Review The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

by - 19:57

Brand The Ordinary yang sempat booming pada tahun 2017 dan 2018 lalu ternyata masih menarik banyak perhatian di tahun 2019 ini. Di awal tahun, akhirnya aku nyobain juga salah satu produk The Ordinary yang kayanya paling hits di Indonesia, apalagi kalau bukan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Banyak yang bilang, serum ini bagus untuk memudarkan bekas jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.


Sebelum review produknya, aku mau cerita sedikit tentang brand The Ordinary ini. Hal yang aku suka dari brand ini adalah kesederhanaannya, nggak ada tuh gimmick dan klaim-klaim seolah menjanjikan seperti brand lain. Penjelasan produknya ada pada bahan aktif yang terkandung di dalamnya, jadi pembeli dituntut untuk belajar dan mecari tahu sendiri tentang manfaat dari bahan tersebut. Memang sedikit membuat bingung pada awalnya, tapi justru karena itulah pembeli akan jadi paham tentang bahan-bahan yang terkandung di dalam skincare mereka.

Awalnya bingung juga menentukan produk apa yang akan aku beli, tapi setelah baca review-review dan mempelajari tentang kandungan niacinamide dan zinc pada skincare, akhirnya aku membutuskan buat beli Niacinamide 10% + Zinc 1% ini. Sebenarnya niacinamide ini adalah bahan yang umum ditemukan pada kandungan skincare.

Diambil dari website resmi The Ordinary: Niacinamide (Vitamin B3) is indicated to reduce the appearance of skin blemishes and congestion. A high 10% concentration of this vitamin is supported in the formula by zinc salt of pyrrolidone carboxylic acid to balance visible aspects of sebum activity.

Intinya setelah aku baca-baca tentang Niacinamide dan Zinc, kandungan niacinamide bagus untuk mencegah dan mengurangi hiperpigmentasi atau bekas jerawat dan berfungsi baik untuk anti iritasi atau anti peradangan. Sedangkan Zinc baik untuk mengontrol sebum, mengurangi redness, dan mencegah timbulnya jerawat.

Dua hal yang harus digarisbawahi adalah produk ini nggak boleh dipakai bersamaan dengan vitamin C, selain itu hukumnya wajib pakai sunscreen kalau memakai serum ini di pagi hari.

PRICE AND WHERE TO BUY?
Walaupun belum ada store resminya di Indonesia, tapi sekarang membeli produk The Ordinary udah nggak sesusah dulu karena udah banyak yang menjual secara online. Niacinamide 10% + Zinc 1% ini dijual dengan kisaran harga 115ribu – 150ribu. Aku sendiri beli produk ini di Shopee seharga 120ribu.

PACKAGING

Hal yang langsung aku suka dari produk-produk brand The Ordinary adalah packaging-nya yang simple, begitu pula dengan Niacinamide 10% + Zinc 1% ini. Didominasi warna putih, produk ini mempunyai botol berbahan kaca transparan yang tebal dan dilengkapi dengan tutup pipet/dropper. Kacanya cukup kuat soalnya aku pernah nggak sengaja membanting produk ini dan botolnya nggak pecah atau retak sama sekali, jadi cukup aman kalau dibawa traveling.
 


Selain itu, produk ini pun datang dengan box simple berwarna putih yang memiliki tektur unik karena ketika disentuh rasanya seperti beludru. Di kemasannya terdapat beberapa informasi seperti PAO (Period After Opening), ingredients, cara pemakaian, dan sedikit informasi tentang bahan aktif yang terkandung di produk ini.




Satu yang kurang aku suka dari kemasannya adalah tidak bersegel, baik di box maupun di botolnya. Jadi, kita nggak tahu apakah produk ini udah pernah dibuka sebelumnya atau belum.

TEXTURE & SCENT
Serum ini mempunyai tekstur seperti gel yang agak cair dan sedikit thick, tapi setelah diaplikasikan ternyata gampang untuk diratakan dan cepat meresap tanpa meninggalkan kesan lengket. Produk ini nggak berbau dan nggak berwarna. Banyak orang yang bilang kalau produk ini agak susah untuk di-layer dengan produk lain, tapi aku nggak ngerasain itu karena di aku produk ini baik-baik aja pas di-layer dengan skincare selanjutnya.


THE VERDICT
Setelah pemakaian, efek yang langsung terasa adalah kulit jadi matte, halus banget, dan rasanya kayak beludru. To be honest, I love the after effect so much. Efek jangka pendeknya adalah wajah jadi nggak berminyak seharian. Tipe kulit aku yang berminyak ini biasanya bikin wajah aku cepet banget berminyaknya, tapi setelah pakai ini, bahkan sampai sore pun wajahku belum berminyak.

Aku pakai serum ini tiap pagi dan malam, sebanyak 3 – 4 tetes, selama kurang lebih dua bulan. Selain mengontrol minyak di wajah, hal lainnya yang aku notice adalah tiap ada jerawat pasti nggak meninggalkan bekas, tentu aja karena kandungan Niacinamide-nya yang dapat mencegah dan mengurangi hiperpigmentasi.


Untuk menghilangkan bekas jerawat lama, aku belum melihat kinerjanya sih soalnya aku merasa bekas jerawatku yang udah lama belum ada perubahan selama pemakaian serum ini. Tapi, untuk bekas jerawat yang masih tergolong baru, serum ini lumayan ampuh untuk memudarkannya. Selain bekas jerawat baru, serum ini juga ampuh untuk menghilangkan redness, redness-ku udah mulai memudar setelah pemakaian selama seminggu.

Hal yang bikin aku lumayan kecewa dengan produk ini adalah nggak berhasil mencegah timbulnya jerawat di wajahku, karena selama pemakaian serum ini, jerawat tetep datang dan pergi.

Overall,
aku rasa orang-orang dengan tipe kulit berminyak bakal suka banget sama serum ini karena bisa mengontrol  dan mengurangi minyak di wajah tanpa bikin wajah menjadi kering! Serum ini juga lumayan ampuh untuk mengurangi redness dan bekas jerawat baru.


You May Also Like

0 komentar