2018: My Highlights of The Year

by - 23:38


Aku nulis post ini pada tanggal 31 Desember 2018 pukul 23.30, nggak kerasa 2018 bakal berganti dalam hitungan menit. Sejauh ini, bisa dibilang 2018 adalah tahun paling membosankan untukku. Gimana nggak membosankan kalo selama delapan bulan di tahun ini dihabiskan di rumah karena aku lumayan lama jobless selepas wisuda. Nggak 100% di rumah memang, tapi aku nggak punya kegiatan tetap seperti biasanya, seperti saat aku sekolah atau kuliah. Tapi walaupun tahun 2018 ini aku nobatkan sebagai tahun paling membosankan, tetep ada aja loh peristiwa-peristiwa penting buat aku, mau itu happy atau yang sedih. Aku nulis ini sebagai pengingat, apa aja peristiwa penting buatku yang terjadi di tahun 2018. Jadi, apa aja sih?

Sidang
Finally, got my bachelor degree!
27 Maret 2018 – akhirnya sidang setelah nyusun skripsi selama lima bulan. Sebenernya aku bisa lebih cepat dari ini, dan jujur hal ini jadi penyesalan terbesar aku tahun ini. Mungkin bakal jadi penyesalan seumur hidup sih, tapi seengganya gara-gara hal ini aku jadi belajar buat nggak nunda-nunda dan nyepelein suatu pekerjaan, sesusah atau semudah apapun itu.

Wisuda
Officially, Bachelor of Cultural Science!
05 Mei 2018 – nggak ada hal yang terlalu spesial sih di wisudaku. Make up sendiri, kebaya beli jadi, dan bawahan minjem sepupu. Bener-bener wisuda dengan persiapan yang minim, kadang jadi pingin ngulang waktu buat nyiapin persiapan wisuda lebih maksimal. Tapi yaudah lah ya, lagian wisuda cuma prosesi formalitas aja, mungkin? Hal yang paling penting buat aku hari itu pas ngeliat orang tua excited banget pas aku naik panggung buat ngambil ijazah dan salaman sama rektor. Selebihnya aku happy dan super duper grateful, tapi mungkin bukan hari yang terlalu membekas buatku.

Life as jobseeker
Tahun ini emang aku melabeli diri sendiri as a jobseeker. Bolak-balik Jakarta buat tes seleksi, entah itu psikotest atau interview. Dari yang awalnya nginep bareng temen, terus akhirnya berani pulang pergi tapi bawaan segembol, sampai akhirnya cuma bawa totebag atau slingbag aja kaya yang mau main. Awalnya takut, ke Jakarta sendirian, tapi lama-lama aku enjoy banget dan kalo udah lama nggak ke Jakarta jadi kangen.

Meet my new babies: Meng, Moci, Bolu, & Cimol!
AKHIRNYA aku melihara kucing, seneng banget! Awalnya sering liat kucing ini berkeliaran di daerah rumah aku, bulunya lumayan tebel dan cepet banget akrab sama manusia, nggak kayak kucing liar kebanyakan. Karena sering dikasih makan sama aku dan keluargaku, akhirnya dia diem di rumah dan kami kasih nama Meng. Ternyata Meng lagi hamil, setelah kurang kebih sebulan di rumah akhirnya dia melahirkan tiga ekor anak kucing yang lucu banget! Ketiganya jantan dan aku kasih nama Bolu, Moci, dan Cimol.

Tes CPNS
Setelah sidang dan wisuda, aku bener-bener mempersiapkan diri buat tes CPNS ini. Belajar pagi siang sore malem subuh, dari duduk tiduran sampe jungkir balik, dan akhirnya nggak lolos. It’s break my heart a lot, like A LOT. Aku ngerasa ngecewain orang tua, mereka nggak pernah nyuruh ataupun maksa aku buat ikut tes ini, tapi aku tau mereka berharap banget aku lolos. Bisa dibilang ini patah hati terbesar aku tahun ini, butuh kurang lebih seminggu buat aku berhenti nangis tiap malam gara-gara ini. Tapi, mungkin emang belum rezekinya lolos tahun ini.

Sidang & Wisuda Azhari
It’s such a blessing to finally pass this milestone together. Ngerjain skripsi bareng, ngelewatin sidang bareng, bikin aku deg-degan juga waktu dia mau sidang, aku ikut pusing juga waktu dia pusing gara-gara skirpsinya, begitu juga waktu dia sidang dan wisuda, aku ikut super duper seneng. Azhari berperan besar banget sih dalam penyusunan skripsi aku, to be honest, nggak cuma saat penyusunan skripsi tapi berperan sangat besar di kehidupan aku. Padahal aku sendiri nggak tau aku berperan atau nggak selama pembuatan skripsi dia, karena aku nggak ngerasa banyak ngebantu. Jadi penasaran, aku ada nggak ya di ucapan terima kasih skripsinya Azhari? Hahaha. Tapi di luar itu semua, aku happy dan excited banget waktu dia sidang dan wisuda!

Itu semua highlight of the year aku. Nggak cuma yang seneng-senengnya aja, tapi ada juga yang bikin aku sedih dan belajar dari pengalaman tersebut. I am beyond excited to face 2019. Semoga 2019 aku, temen-temen, dan orang-orang yang kita sayangi dipenuhi oleh kebahagiaan ya. Jadi, gimana sama temen-temen? Apa aja peristiwa penting yang temen-temen alami selama tahun 2018 ini?



You May Also Like

0 komentar