Thursday, 24 November 2016

Tips Merawat Wajah untuk Tipe Kulit Berminyak

 
Hai, gorgeous! Sebel ya punya wajah oily? Tapi tipe wajah oily tuh nggak buruk-buruk banget kok soalnya katanya yang tipe wajahnya berminyak itu bakal bikin awet muda, tapi ya tetep aja sih menurut aku wajah berminyak itu lebih ribet dari pada yang tipe wajahnya kering, terus kalo pake make up juga cepet banget lunturnya gara-gara wajah berminyak. Dari dulu aku punya tipe wajah yang berminyak, kalo orang-orang ngalamin yang namanya perubahan tipe wajah, tapi kok seingetnya aku, tipe kulit wajahku nggak berubah-berubah ya? Jadi, sekarang aku mau ngasih tips merawat wajah berminyak.


1. Pake Sunblock
Nah ini nih, banyak orang termasuk aku apalagi yang tipe wajahnya berminyak ngelewatin hal ini, karena mikir ‘ah pake sunblock kan lengket, ntar malah tambah berminyak’ atau ‘kan bb/cc/cc krim yang aku pake udah ada SPF-nya, jadi nggak perlu lah pake sunblocknoooo, big no! Padahal aku juga mikirnya gitu kok, lol. Tapi ternyata pake sunblock atau sunscreen itu penting banget nget nget loh karena ternyata SPF yang terkandung di base make up kita tuh nggak bisa ngegantiin kandungan yang terkandung dalam sunblock jadi mau sebesar apapun SPF di base make up yang kita pake, tetep aja sebelum itu kita harus pake sunblock. Sebel kaaaan? Sama, tapi yaudah deh nggak apa-apa yang penting kulit sehat. Kalo lengket dan tambah berminyak gimana doooooong? Solusinya adalah pilih sunblock yang water based, jangan ngelirik yang oil based, ini apapun ya nggak cuma sunblock, tapi dari make up sampe make up remover usahain jangan pake yang oil based, soalnya kalo kita pake yang oil based ntar yang ada muka kita ketuker sama kilang minyak, hiks.

2. Blotting Paper
All hail blotting paper! Kita yang punya tipe kulit wajah berminyak pasti nggak bisa dipisahin dari benda kecil satu ini ya kaaan? Aku juga selalu nyimpen blotting paper di make up pouch yang aku bawa ke mana-mana (baca: what’s inside my make up pouch). Kalo kulit udah kerasa mulai berminyak jangan dielap pake tisu, tapi pake lah barang ajaib ini.

3. Cuci Muka 2 atau 3 Kali Sehari
‘Kok cuma 2 atau 3 kali sehari sih? Bukannya lebih sering lebih bagus ya?’ Aku juga dulu mikirnya gitu kok tapi karena keseringan cuci muka alhasil wajahku tambah berminyak dan jadi jerawatan. Dulu waktu aku SMA wajahku kan berminyak dan jerawatan parah, polosnya aku bingung kok aku jerawatan ya kan udah rajin cuci muka? Padahal justru gara-gara ituuu! Dulu aku lebay banget deh, ke warung sebelah rumah aja pulangnya cuci muka hahaha padahal niatnya biar bersih dan nggak jerawatan, eh malah kebalikannya. Karena ternyata kalo keseringan cuci muka itu kulit wajah kita malah memproduksi minyak lebih banyak, makin nggak bisa dibedain deh mana muka mana kilang minyak. Jadi, jangan keseringan cuci muka, maksimal 3 kali sehari aja. Aku sendiri biasanya cuci muka pas pagi hari, pas pulang dari kegiatan di luar rumah, dan pas malam sebelum tidur. Jangan lupa juga pilih sabun cuci mukanya yang buat oily skin yaaa.

4. Make Up Remover
Ngelanjutin cerita waktu SMA aku, ternyata selain keseringan cuci muka, penyebab lain dulu aku jerawatan parah adalah karena dulu aku nggak pernah ngebersihin wajah aku pake make up remover. Mau setebel atau setipis apapun make up yang dipake atau bahkan cuma pake sunblock doang, hukumnya wajib ngebersiin wajah pake make up remover sebelum cuci muka soalnya nggak semua make up bisa keangkat pake sabun cuci muka. Padahal kan mager yaaaa huhu tapi mau gimana lagi. Make up removernya juga usahain pake yang oil-free biar muka kita nggak tambah berminyak. Nah, sekarang kan lagi musim miracle water tuh jadi aku rekomendasiinya pake itu aja, cari yang sekaligus bisa ngehapus make up.

Jadi, itu tips ngerawat wajah berminyak ala aku sendiri. Kalo temen-temen tipe wajahnya apa? Kalo oily juga mungkin punya tips lain? Sharing yuk di kolom komentar. 

11 comments:

  1. hai, mau menambahkan aja di point yg blotting paper. setauku, ngelap wajah pakai tisu nggak apa-apa kok, yang penting pilih tisunya yang tisu khusus wajah kan banyak tuh. gitu. hehe


    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiii, iya makasih yaaa :D

      Delete
    2. Hi, aku juga seirng pakai tissue wajah yang 2 ply itu kalau nggak ada blotting paper, tapi aku pisah layernya, jadi cuman 1 ply... terus tap2 dan kasih bedak bayi... sama aja sih ^^


      mampir bloggku yuk

      christinauntari.blogspot.co.id

      Delete
    3. Haiiii, iya aku juga kalo blotting papernya abis dan belum sempet beli lagi suka pake tissue wajah :D

      Delete
  2. Hai Fira,

    Suka deh sama tips dan trik km yg ini, karena aku si muka oily haha.
    Oh ya, aku sempet baca artikel dimana gitu. kata ya lebih baik utk blot wajah, lbh di sarankan pakai tissu.
    agar nantinya pori pori wajah kita tdk mengeluarkan minyak lbh byk lagi di bbrp jam kemudian. nah aku sempet bingung tuh ya, akhirnya aku putuskan kalo minyak ya lebai parah *apalagi mau mens aku blot ya pake blotting paper. tp kalo minyak ya masih bikin glowing wajah aku pake tissu :)

    btw aku udah follow blog kamu, salah kenal beauty blogger :)

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiii, iya aku juga oily banget parah:( aku juga jadi bingung soalnya pernah baca kalo tissue ngandung lebih banyak bakteri kalo dibanding blotting paper, tapi aku juga masih sering pake tissue kalo blotting paper abis :)

      Aku juga udah follow blog kamu, salam kenal yaaa :D

      Delete
  3. Hai Fira, kunjungan balik nih. Btw, udah aku follow ya blog kamu, makasih udah follow blog aku :D

    Kalo aku, karena kebiasaan bersihin muka selalu pake susu pembersih & penyegar jadi kalau cuma pake miracle water kurang mantep wkwk seringnya malah jadi double cleansing (kalo nggak mager :p)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Novi. Makasih yaaa:D

      Iyaa bener, walaupun sekarang udah banyak pembersih yang gak perlu cuci muka lagi tapi gak tau kenapa kalo gak cuci muka tuh rasanya kurang pol hahaha

      Delete
  4. Kulit wajahku juga tipe berminyak nih... kalo aku sendiri jujur males bgt make up-an karena kalo udh berminyak, muka rasanya lengket banget dan langsung jerawaran :(
    kalo bersihin muka jg cuma pae cleanser organik (no paraben / no parfum), kalo abis pake BB aku pake cleansing oil hehe.

    Btw salam kenal Fira ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kalo pake heavy make up besoknya pasti aja jerawatan, padahal perasaan udah maksimal dibersiinnya :(

      Salam kenal jugaa, makasih udah mampir :D

      Delete
  5. Iyes, gw bersyukur dengan wajah minyak gw. Kalau bisa diatasi, malah jadi temen soalnya ke achieve glow look-nya. hihihii

    ReplyDelete