Kopi Toko Djawa: Merangkai Senja di Jalan Braga

by - 11:08


Kedai kopi yang terletak di Jalan Braga ini dulunya adalah toko buku dengan nama yang sama, Toko Buku Djawa. Sayangnya, Toko buku legendaris itu kian lama kian sepi pengunjung dan akhirnya terpaksa harus mengakhiri perjalanannya pada tahun 2015 setelah berjualan buku sejak tahun 1955. Berselang dua tahun sejak toko buku yang konon menjadi langganannya Pak Habibie ini tutup, gerai buku tersebut dirombak menjadi sebuah kedai kopi. Masih dengan suasana yang sama, Kopi Toko Djawa sengaja tidak ingin mengubah toko buku sepenuhnya. Maka sejak Desember 2017, dimulailah perjalanan reinkarnasi kata menjadi rasa di Jalan Braga nomor 79.


Entah sejak kapan, Kopi Toko Djawa ini bisa dibilang menjadi salah satu happy place-ku di Bandung. Tiap sedih, marah, atau sekedar bad mood, mengujungi kedai kopi ini bisa bikin perasaan membaik. Mungkin suasananya yang tenang dan bikin betah jadi salah satu faktornya. Bangunannya masih sama dengan ketika kedai kopi ini masih berfungsi sebagai toko buku. Terbilang mungil memang, berbanding terbalik dengan pengunjungnya yang kadang membludak. Jadi, kalau pengunjungnya lagi ramai, kadang ada aja yang ngebela-belain minum kopi sambil berdiri atau duduk-duduk di kursi Braga depan kedai kopi ini.






Jangan harap ada wifi di sini, karena sebagai gantinya ada tumpukan buku dengan berbagai genre yang bisa kita baca di tempat. Kedai kopi bernuansa etnik ini seakan sengaja memaksa pengunjungnya untuk lebih banyak membaca buku dan berinteraksi dengan pengunjung lain, dibanding tenggelam dalam gadgetnya masing-masing. Oh iya, nggak ada toilet di sini! So make sure don’t pee ur self here hehe kalau emang udah harus banget ke toilet, kita boleh ikut ke toilet SugaRush di sebelah kedai kopi ini.



Menunya sendiri menyajikan berbagai macam kopi dan cemilan seperti donat, brownies, dan lain-lain, Pastiin mengunjungi kedai kopi ini nggak dalam keadaan lapar ya, karena Kopi Toko Djawa nggak nyediain makanan berat. Best seller-nya adalah Es Kopi Toko Djawa (campuran kopi susu dengan gula jawa) dan Es Kopi Awan (kopi susu dan gula jawa yang di atasnya ditambah creamy foam).

Es Kopi Toko Djawa (kiri) dan Es Kopi Awan (kanan)

Dari semua Es Kopi di Bandung yang udah aku coba, jujur, Es Kopinya Kopi Djawa ini yang paling aku suka. Kopinya nggak terlalu strong tapi rasanya masih tetap mendominasi dibanding rasa manis gula jawanya. Favorite-ku Es Kopi Awan karena aku suka banget sama creamy foam-nya. Untuk makanannya aku baru nyoba Matcha Brownies dan Cinnamon Rolls. Matcha Browniesnya enak! Nggak terlalu manis dan ada hint paitnya sedikit khas rasa mathca. Kisaran harganya 15 – 35 ribuan, masih terbilang terjangkau untuk rasa kopi dan cemilan seenak ini.


Best time buat dateng ke kedai kopi ini adalah sore hari dan duduk di kursi yang menghadap jendela besar. Menyaksikan lampu-lampu jalanan dan pertokoan di Braga satu persatu mulai nyala itu rasanya magical!



Kopi Toko Djawa
Jalan Braga No. 79 bandung
Opening hours: everyday 10am – 10pm
 
Wifi: no | Electric plug: yes 




You May Also Like

0 komentar