Es Kopi Susu: Ongoing List About Es Kopi Susu Bandung

by - 22:12

Kopi adalah bagian dari hidup. Aku nggak bermaksud puitis, tapi emang begitu nyatanya. Bermunculannya banyak kedai kopi beberapa tahun belakang -khususnya di Bandung- membuat aku senang karena mempermudah aku kalau ingin minum kopi dan aku jadi bisa mencoba berbagai macam rasa kopi dari kedai kopi yang berbeda. Es kopi susu yang sedang naik daun akhir-akhir ini nggak bisa dipungkiri udah menjadi favorit banyak orang, termasuk aku. Bahkan, aku berhasil bikin Azhari yang awalnya nggak suka kopi jadi mau minum kopi dan mau nemenin aku nyoba-nyoba es kopi ke banyak kedai kopi.

Di post ini aku bakal nulis beberapa kedai kopi dan es kopi susu yang udah aku coba di Bandung. Belum banyak, karena ide nulis post ini baru muncul beberapa waktu yang lalu, jadi sebelumnya aku nggak foto es kopi susu yang aku coba. Tapi, post ini bakal terus aku update tiap aku coba es kopi baru.
 



1. Es Kopi Djawa & Es Kopi Awan – Kopi Toko Djawa
List kopi di post ini nggak diurutkan berdasarkan apapun, sih. Tapi aku ingin memulai list ini dengan kedai kopi favoritku se-Bandung Raya. Bukan cuma kedai kopinya aja yang aku suka, tapi juga kopi dan cemilan di sini. Kopi Toko Djawa terletak di Jalan Braga Bandung, aku udah nulis review terpisah tentang kedai kopi mungil ini. Menu favoritku di sini adalah Es Kopi Awan, yaitu kopi susu dan gula jawa yang di atasnya ditambah creamy foam. Kopinya nggak terlalu strong dan manis gula jawanya pas.

Location: Jalan Braga No. 79 Bandung
Opening hours: 10am - 10pm
Price: Es Kopi Djawa (20k) Es Kopi Awan (24k)


---


2. Es Kopi Susu Rahasia – Coffeedential
Es kopi susu rahasia dari Coffeedential ini menurutku adalah es kopi susu terenak kedua setelah es kopi susunya Kopi Toko Djawa. Kopinya creamy banget dan manisnya pas. Lokasinya di 107 Garage Room, konsepnya emang coffee to go gitu jadi nggak ada tempat duduknya, tapi kadang kalo lagi cerah disedian bean bag di taman.

Location: Jalan Ciumbuleuit No. 107 Bandung
Opening hours: 8am – 10pm
Price: Es Kopi Susu Rahasia (18k)

---

3. Es Kopi Jiwa – Sejiwa Coffee
Dari semua es kopi susu yang pernah aku coba di Bandung, es kopi jiwa ini bisa dibilang yang paling pricey. Maklum sih, karena kopi ini salah satu pilihan bapak presiden waktu beliau berkunjung ke café ini. Dari segi rasa emang enak, kopinya lumayan strong dan manisnya seimbang dengan rasa kopinya. Café ini juga udah pernah aku review lengkap beberapa waktu yang lalu.
Location: Jalan Progo No. 15 Bandung
Opening hours: 7am – 11pm
Price: Es Kopi Jiwa (29k – before tax)


---

4. Original Coffee – Kopi Seru 
Kopi seru ini kedai kopi pertama yang aku tau menyediakan kopi dengan after taste rasa buah-buahan. Ada empat varian rasa yaitu strawberry, lychee, black americano, dan original. Tentu saja aku milih original. Ternyata kedai kopi ini udah buka banyak cabang di Bandung, tapi yang kemarin aku kunjungin adalah cabang terbarunya di BEC.

Location: BEC Upper Street Level
Opening hours: 10am – 10pm
Price: Original Coffee (20k)

---

5. Es Kopi Susu & Es Kopi Soklat – Kopi Janji Jiwa 
My new addiction. Es kopi soklat-nya enak banget, siapa sangka perpaduan espresso, susu segar, dan cokelat bakal menghasilkan rasa seenak ini. Rasanya kaya es krim cair, manisnya pas dan nggak bikin giung. Es kopi susu-nya juga enak, creamy dan kopinya cukup strong. Kedai ini udah punya lebih dari seratus cabang di Indonesia, yang aku tau di Bandung ada dua cabang yaitu di Braga Citywalk dan Miiko Mall.

Location: Braga Citywalk Ground Floor no. 99 – 101 Bandung
Opening hours: 10am – 10pm
Price: Es Kopi Susu (18k) Es Kopi Soklat (20k)

 
---

6. Es Kopi Gang – Gang Nikmat
Salah satu es kopi creamy yang sekali teguk langsung ku suka. Kopinya nggak terlalu strong tapi masih kerasa kopinya. Tempatnya mungil dan tersembunyi, parkirnya cukup susah. Tapi makanan dan minumannya enak berikut harganya murah meriah!

Location: Jalan R. E. Martadinata No. 205 Bandung
Opening hours: 11am - 10pm
Price: Es Kopi Gang (18k)


---

7. Es Kopi Bahagia – Bahagia Kopi
Nggak seperti kebanyakan es kopi lainnya yang menggunakan gula aren atau gula jawa, Es Kopi Susu Bahagia ini merupakan kopi dengan campuran madu. Tapi jujur, rasa madunya nggak begitu terasa dan justru kopinya terasa strong sekali sampai rasa pahitnya lebih dominan. Nggak usah khawatir buat temen-temen yang tetap ingin es kopi dengan gula aren, Bahagia Kopi juga punya menu tersebut, namanya Es Kopi Semangat.

Location: Jalan Ambon (The Saparua) Bandung
Opening hours: 8am - 10pm
Price: Es Kopi Bahagia (18k)


---


8. Es Kopi Teman Lama – Bersama Teman Lama
Salah satu es kopi yang bisa dibilang kopinya terasa strong, tapi nggak sampai pahitnya dominan kayak kopi bahagia. Tempatnya lucu dan instagrammable, cemilan di cafe ini juga enak. Aku suka sama gambar dan tulisan yang ada di cup kopi ini "ngopi itu kadang bukan soal apa dan di mana, tapi sama siapa".

Location: Jalan Bima No. 80 Bandung
Opening hours: 9am - 10pm
Price: Es Kopi Teman Lama (20k - before tax)





You May Also Like

2 komentar

  1. Apa cuma aku yang tiap kali nongkrong di coffee shop ga pernah pesan kopi? Hahhaha, sayang bgt aku ga bisa minum kopi, jantung langsung berdetak kencang kalau ngopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha temenku juga banyak yang gitu! Jadi kalo ke coffee shop mereka selalu pesen matcha latte

      Delete